Hindari hal-hal ini jika anda tidak mau terjangkit kanker serviks

Bahaya kanker serviks

Masih ingat salah satu artis tanah air yang meninggal akibat terkena kanker serviks belakangan ini? ya Julia perez atau sering di panggil jupe itu terkena kanker serviks stadium akhir. saking bahaya nya sampai merenggut nyawanya.

Kanker leher rahim atau yang lebih dikenal sebagai kanker serviks adalah kanker yang tumbuh dan berkembang pada leher rahim wanita. leher rahim atau serviks adalah bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim atau uterus.

Cara utama dalam mencegah kanker serviks adalah mencegah tertular virus HPV. Diperkirakan sekitar 99 persen kasus kanker serviks disebabkan oleh virus ini.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker serviks adalah :

  • Seks dengan aman

Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana melakukan seks aman. Banyak orang yang masih belum menyadari bahwa ada banyak penyakit kelamin dan infeksi berbahaya yang disebarkan melalui berhubungan seks. Rata-rata seks aman dilakukan untuk mencegah kehamilan, padahal di luar sana ada banyak penyakit seksual yang cukup serius yang mengancam Anda. Seks aman tidak hanya meliputi senggama pada vagina, tetapi juga seks oral, dan seks anal.

  • Setia pada pasangan

Usia terlalu muda saat berhubungan seks serta pasangan seks yang berganti-ganti memang berpotensi besar terhadap infeksi HPV. Pria bisa saja menjadi pembawa virus jika ia pun berhubungan seks dengan wanita yang terjangkit virus HPV dan kemudian menularkan wanita lainnya.

 

  • Screening rutin leher rahim

Melakukan screening tes kesehatan secara dini dapat membantu kita dalam mencegah penyakit degenerative seperti kanker, diabetes dan osteoporosis, sehingga dapat lebih mudah untuk ditangani. Dengan dilakukannya screening test, dapat mengetahui potensi penyakit bahkan sebelum timbul gejala penyakit. Screening test yang dibutuhkan oleh setiap wanita bergantung pada usia, riwayat penyakit keluarga, riwayat kesehatan terdahulu, dan faktor resiko lainnya.

Obat Herbal kesuburan terpercaya : 

Faktor kesuburan sangatlah penting baik bagi suami maupun bagi istri, karena jika salah satu mengalami masalah dalam hal kesuburan, maka kesempatan mendapatkan momongan sangatlah kecil. Dari hal tersebut dapat diketahui dengan jelas bahwa penanganan akan lebih baik jika dilakukan pada suami dan juga istri. Karenanya kami melakukan riset tersebut dan berhasil memformulasikan paket kesuburan yang mampu mengatasi hal tersebut, baik dari suami maupun dari istri. Paket tersebut yakni Paket Kesuburan Prolific.

baca selengkapnya…

 

  • Vaksinasi

Vaksinasi adalah proses penyuntikan mikroorganisme penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau dibunuh ke dalam tubuh Anda, atau penyuntikan protein buatan laboratorium yang mirip dengan mikroorganisme tersebut. Vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar ketika Anda terjangkit bibit penyakit yang sebenarnya, tubuh sudah siap menangkalnya, sehingga tidak berkembang menjadi penyakit.

 

  • Serta berhenti merokok

Dalam kasus kanker serviks, merokok itu menyebabkan kerusakan sel-sel serviks rusak sehingga wanita perlu berjuang lebih dalam melawan infeksi. Jika tidak mampu melawan infeksi, membuka kemungkinan terjadi masalah termasuk kanker serviks

Kebanyakan kasus kanker serviks berhubungan dengan infeksi HPV jenis tertentu. Penyebaran virus ini biasanya melalui hubungan seks yang tidak aman. Maka gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk mengurangi resiko tertular virus HPV.

Risiko tertular virus HPV juga meningkat seiring dengan jumlah pasangan seksual seseorang. Wanita yang memiliki satu pasangan pun juga bisa terinfeksi virus ini jika pasangannya memiliki banyak pasangan seksual.

Screening atau pap smear untuk kanker serviks adalah metode untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Pap smear leher rahim bukanlah tes untuk kanker. Tes ini hanya memeriksa kesehatan sel-sel pada leher rahim.

Kebanyakan hasil tes pada wanita menunjukkan hasil normal. Lakukanlah pap smear secara teratur. Wanita yang pernah berhubungan seks dan terutama sudah berusia 25-49 tahun, disarankan untuk melakukan tes tiap tiga tahun sekali. Untuk wanita usia 50-64 tahun, disarankan melakukan tes lima tahun sekali.

 

Kista juga salah satu penyakit yang tak boleh di abaikan

Selain kanker serviks, kista juga penyakit yang tidak boleh luput dari perhatian anda. Kista merupakan salah satu tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan diorgan reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berasa cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataunpun bahan-bahan lainnya.

Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal disekitarnya dan tidak dapat menyebar kebagian tubuh lainnya. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan melakukan pembedahan, dan tidak membahyakan kesehatan penderitanya.

Selain pada ovarium, kista juga dapat tumbuh di vagina dan daerah vbulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh didaerah vagina, antara lain :

  • Klusi
  • Duktus gartner
  • Endometriosis
  • Danadenosis

Sedangkan kista yang tumbuh didaerah vulva antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal.

Dari keterangan di atas sebaiknya kita menghindari hal-ahl yang dapat mengakibatkan terjangkit kanker serviks dan kista mengingat betapa bahanya penyakit tersebut. semoga bermanfaat….

 

by tokoherbaljepara.com

 

artikel lainnya