Waspadai gejala-gejala kista yang ada pada diri anda

ciri-ciri terkena tumor jinak atau kista

gejala kista , gejala kista ovarium , gejala kista rahim , gejala kista dan miom , gejala kista payudara , tanda dan gejala kista , gejala kista bartholin , gejala kista coklat , tanda dan gejala kista ovarium , gejala gejala kista , gejala penyakit kista pada wanita , gejala kista ovarium kanan , gejala kista endometriosis , gejala kista ganglion , gejala kista ginjal , gejala kista pada wanita , gejala adanya kista , apa gejala kista , gejala kista atau miom , gejala2 kista , ciri2 gejala kista , gejala kista dan kanker rahim , gejala sakit kista pada wanita , gejala terkena kista , ciri dan gejala kista , gejala kista miom , gejala awal kista bartholin , gejala kista ovarium ganas , gejala kista tumbuh lagi , gejala kista pecah kenali gejala kista sedini mungkin sebelum hal buruk menimpa anda. gejala kista dapat timbul akibat perilaku yang kurang sehat yang dapat memicu penyakit yang tergolong tumor ini. sebelum membahas gejala kista, terlebih dahulu kita tau apa itu kista.

kista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan diorgan reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berasa cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur.

Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah menyebar kebagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah untuk diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Selain pada ovarium, kista juga dapat tumbuh divagina dan didaerah vulva(bagian luar kelamin perempuan). Kista yang tumbuh didaerah vagina, antara lain klusi, duktus gartner, endometriosis, danadenosis, sedangkan kista yang tumbuh didaerah vulva, antara lain pada kelenjar bartolini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal.

Herbal penyubur kandungan :

Kesuburan adalah hal sangat berkaitan erat dengan keturunan, karenanya perlunya perhatian khusus dalam hal kesuburan terutama bagi pasangan yang telah lama menikah namun belum dikaruniai momongan.

Baca selengkapnya….

 

Cara mendeteksinya

Kista sering muncul tanpa gejala dan bisa hilang dengan sendirinya. Kista folikel, misalnya, kebanyakan tidak memengaruhi siklus menstruasi. Adapun kista korpus luteum timbul karena perdarahan pada waktu pelepasan sel telur.

Darah yang keluar kadang tersamar dengan darah menstruasi. Biasanya, kista korpus luteum menyebabkan sakit di rongga panggul. Namun lagi-lagi, banyak wanita menganggap rasa sakit itu sebagai hal yang wajar karena menstruasi.

Seharusnya, Anda curiga jika saat menstruasi, bagian dalam rongga panggul terasa sakit hebat, atau siklus haid tidak teratur. Kunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Dokter mungkin akan menemukan satu kista yang ukurannya cukup besar saat pemeriksaan ruang panggul atau saat USG.

Adapun Ciri-ciri dan gejala kista ovarium yang harus diwaspadai:

  • Nyeri panggul

Nyeri di area panggul atau punggung bawah merupakan salah satu gejala dan ciri-ciri penyakit kista paling umum. Ketika ini terjadi, biasanya pertumbuhan kista ovarium telah menekan area sekitarnya sehingga menimbulkan nyeri yang sifatnya cukup intens.

Penderita mungkin merasakan nyeri pinggul di pertengahan siklus haid. Padahal tidaklah lumrah bagi perempuan merasakan nyeri panggul akibat haid atau salah cerna ketika menstruasi datang.

  • Perut Membesar

Membesarnya perut dapat terjadi karena timbunan lemak. Namun, bisa juga karena alasan lain, misalnya kista atau kanker ovarium. Kalau kista yang sedang bertumbuh menyita ruang di perut, maka ini dapat menyebabkan perut terasa ditekan dan penuh sehingga tampak bengkak dan menggembung. Nanti kalau kistanya sampai pecah, maka tekanannya akan hilang dan perut jadi kempis disertai gejala sakit luar biasa.

  • Rasa sakit saat bercinta

Karena tumbuhnya kista ovarium terjadi di bagian tubuh yang ‘padat’, maka tekanan yang dihasilkannya dapat menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat di area perut atau panggul. Akibatnya, ukuran kista yang semakin besar membuat penetrasi yang paling minim sekalipun, terasa luar biasa rasa sakitnya.

  • Frekuensi buang air kecil meningkat

Gejala dan ciri-ciri penyakit kista lainnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil atau sering merasa kebelet. Hal ini tentu tak mengherankan karena membesarnya kista juga turut menekan kandung kemih sehingga mengurangi kapasitas penampungannya.

  • Datang bulan tak seperti biasanya atau abnormal

Tiba-tiba mengalami datang bulan abnormal atau yang menyakitkan, yang membuat tubuh mengeluarkan banyak darah juga bisa jadi gejala dan ciri-ciri kista selanjutnya. Selain itu, timbul pula rasa sakit di area panggul sebelum atau sesudah haid.

  • Rasa sakit saat BAB

Gejala dan ciri-ciri penyakit kista berikutnya adalah rasa sakit ketika BAB. Nyeri yang datangnya tiba-tiba tersebut terjadi karena besarnya kista menekan lambung, usus, dan saluran kemih. Bila sakit yang dirasa tak kunjung hilang, sering, dan datang tiba-tiba, maka lakukan pemeriksaan tanpa menunda lagi.

  • Mual atau muntah

Mual atau muntah saat hamil ternyata bukan karena morning sickness saja, namun bisa juga karena ada kista di/ dalam ovarium. Sayangnya, mual ini seringkali merupakan gejala kalau kista ovariumnya ruptur. Ini terjadi bila cairan dari kista masuk ke dalam perut, lalu mengiritasi lapisan dinding peritoneum sehingga menyebabkan radang.  Radang inilah yang kemudian menimbulkan sensasi mual. Dan bersamaan dengan mual, beberapa wanita juga mengalami muntah.

Sumber: Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium yang Mudah Dikenali – Mediskusg

  • Pendarahan

Ketika darah atau sisa cairan dari kista yang pecah tadi masuk ke dalam perut, maka itu dapat keluar dari tubuh melalui vagina. Tapi karena kista biasanya lebih rawan pecah saat haid, maka kebanyakan perempuan menganggapnya sebagai darah menstruasi biasa.

Sebaiknya saat anda melihat beberapa gejala di atas terjadi pada tubuh anda segera hubungi atau bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis sebelum terlambat, karena penanganan kista yang terlambat bisa berujung kemandulan bahkan kematian.

 

taggedin : tips untuk mengetahui gejala kista, penyebab kista pada wanita, gejala kista dan miom, pengertian kista, makanan penyebab kista ovarium, gambar kista, bahaya kista, perawatan kista ovarium

Artikel lainnya