Kategori : artikelTips Agar Cepat Hamil

Daftar Makanan penyebab keguguran

Pada umumnya keguguran terjadi pada umur kehamilan muda atau masih dalam minggu-minggu awal kehamilan. Selama 12 minggu pertama kehamilan (trimester ke-1) adalah masa yang paling rentan terjadi keguguran.

Pada ibu hamil yang beresiko, dokter biasanya akan memberikan obat penguat kandungan dan juga menyarankan untuk menghindari berbagai hal yang dapat memicu keguguran ini.

Beberapa faktor atau penyebab keguguran tersebut bisa terjadi dari luar tubuh ataupun dari dalam tubuh sang ibu.

Survey menunjukkan bahwa peristiwa keguguran janin ini bisa terjadi pada satu dari lima kehamilan. Bahkan diantara 1 dari 100 pasangan, bisa terjadi seorang ibu yang keguguran sebanyak tiga kali berturut-turut. Nah, diantara banyak penyebab keguguran, salah satunya adalah faktor makanan. Dan berikut ini adalah 8 jenis makanan penyebab keguguran yang harus dihindari oleh ibu hamil.

  1. Nanas

Nanas termasuk makanan yang dapat memicu keguguran. Bagi Anda yang sedang hamil muda, disarankan agar Anda tidak terlalu sering atau tidak terlalu banyak mengonsumsi nanas dan olahannya. Di dalam buah nanas terkandung enzim yang bernama Protease Bromealin, yang jika dilihat secara kimiawi senyawa tersebut sama dengan Papain yang terkandung dalam pepaya muda. Oleh karena itu, dimungkinkan juga nanas akan memberikan efek yang sama dengan pepaya muda, yaitu bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil muda. (baca: buah untuk ibu hamil muda)

  1. Kepiting

Olahan kepiting mungkin merupakan salah satu jenis seafood yang rasanya sangat lezat dan banyak difavoritkan oleh masyarakat. Kepiting juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Akan tetapi di balik kenikmatan dan kandungan nutrisi kepiting, ternyata para ibu hamil harus menghindarinya karena kepiting juga bisa menjadi salah satu makanan penyebab keguguran jika dikonsumsi selama tiga bulan pertama usia kandungan. Kepiting bisa mengakibatkan ukuran rahim menyusut. Selain itu kepiting juga bisa mengakibatkan perdarahan genital hingga keguguran kandungan.

  1. Buah Delima

Makanan penyebab keguguran kandungan berikutnya adalah buah delima. Namun demikian, bukan berarti Anda akan langsung keguguran saat pertama kali minum jus atau makan buah delima. Buah delima bisa menyebabkan keguguran saat dikonsumsi secara berlebihan, yang akan menyebabkan terjadinya kontraksi hingga kram pada rahim. Jika kram yang muncul sangat hebat maka harus diwaspadai, karena hal itu merupakan salah satu tanda-tanda keguguran. Dan perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya biji buah delima adalah yang paling berbahaya untuk ibu hamil.

  1. Ikan

Sebenarnya ikan mengandung banyak protein dan juga vitamin yang tentu dibutuhkan oleh para ibu hamil. Akan tetapi saat Anda tengah menjalani masa tiga bulan pertama masa kehamilan, Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis ikan kaleng. Jenis ikan kaleng diketahui mengandung banyak bahan pengawet dan berbagai bahan kimia lainnya yang bisa berdampak meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil. Pengawet yang terkandung pada ikan kaleng juga bisa mengakibatkan retensi air. Selain itu Anda juga harus menghindari jenis makanan penyebab keguguran dari ikan yang hidup di air yang sudah tercemar.

  1. Pepaya Muda

Buah yang sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil selanjutnya adalah jenis pepaya muda. Jenis pepaya muda diketahui sangat berbahaya bagi perkembangan embrio. Senyawa yang terkandung pada pepaya muda bisa saja mengakibatkan kontraksi kuat pada rahim sang ibu sehingga cukup berpotensi keguguran. Bahkan pada penelitian yang sudah dipraktikkan pada hewan tikus, sebagian besar tikus mengalami keguguran saat mengonsumsi pepaya. Akan tetapi sampai saat ini juga masih dilakukan penelitian apakah semua jenis pepaya matang bisa menjadi makanan penyebab keguguran atau tidak.

  1. Durian

Bagi anda penggemar durian, sebaiknya menghindari konsumsi buah ini selama masa kehamilan. Kandungan asam arachidonat dan alkohol dalam durian yang membuat buah ini tidak cocok dikonsumsi ibu hamil. Asam arachidonat akan memicu pembentukan prostaglandin yang merangsang kontraksi dan berakibat fatal bagi janin. Sedangkan alkohol menyebabkan kelahiran prematur dan juga bayi lahir dengan berat tubuh rendah. Dalam jumlah banyak alkohol dapat menyebabkan keguguran.

  1. Daging dan Telur

Sebenarnya dua makanan ini tidak sepenuhnya dilarang karena menjadi makanan penyebab keguguran kandungan. Hanya aja para ibu hamil harus tetap berhati-hati saat mengonsumsi berbagai jenis daging dan telur yang dimasak setengah matang atau bahkan masih mentah. Konsumsi daging dan telur yang mentah atau masih setengah matang bisa saja menjadi pemicu keguguran kandungan. Bahkan dalam keadaan matang pun para ibu hamil juga disarankan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi daging dan telur.

  1. Keju

Ternyata makan keju juga harus dihindari saat ibu hamil muda. Bukan karena kandungannya yang berbahaya, karena kita ketahui bersama bahwa keju juga menyimpan banyak manfaat. Pada masa kehamilan, para ibu hamil disarankan untu tidak mengonsumsi keju lembut yang dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu. Jenis keju tersebutlah yang diketahui bisa menjadi salah satu penyebab keguguran. Oleh karena itu, usahakan agar Anda benar-benar memilih keju yang berkualitas dan aman untuk kesehatan.

Artikel terkait

Resep leluhur agar cepat hamil

Keputihan? Atasi dengan cara ini

Cara menghitung masa subur dengan benar

Hal yang harus dilakukan saat hamil

Berhubungan intim saat hamil apakah aman? yuk simak penjelasannya

Inilah daftar makanan yang dapat menyuburkan kandungan bunda

10 penyebab ketidaksuburan kandungan

punya sperma encer? coba atasi dengan ini

Penyebab miss V bau dan cara mengatasinya

Berhubungan intim saat haid? ini akibatnya

Proses pembuahan sel telur dalam rahim

Berhubungan setelah haid apakah dapat hamil?

Tips dan langkah-langkah merencanakan kehamilan

Anggapan tentang posisi bercinta agar cepat hamil, benarkah demikian

Manfaat bawang putih untuk ibu menyusui

Bagikan

Customer Service

Telepon/SMS : 089638966769

BBM : DCAD8057

Whatsapp : 089638966769

Email :  admin@rumahherbalis.com

Untuk RESPON CEPAT, pastikan anda menghubungi kami pada hari dan jam kerja. Senin – Sabtu, pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Bukalapak Kami

BUKALAPAK

Tokopedia Kami

TOKOPEDIA

Pesan Via Whatsapp dan SMS

Bagi konsumen yang ingin melakukan order namun belum memiliki akun Marketplace sesuai Marketplace kami. Konsumen bisa melakukan pemesanan secara langsung dengan klik salah satu tombol di bawah ini sesuai fasilitas yang digunakan oleh konsumen :