Kategori : artikelTips Agar Cepat Hamil

Nyeri saat haid apakah aman?

Nyeri haid-Salah satu hal paling menyebalkan saat menstruasi adalah rasa nyeri perut yang ditimbulkannya, yang sering juga disebut nyeri haid atau kram perut. Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists, sebagian besar wanita mengalami ketidaknyamanan atau nyeri haid selama menstruasi, dan lebih dari setengahnya mereka mengalami rasa sakit menjelang menstruasi atau beberapa hari pertama saat menstruasi.

Penyebab munculnya nyeri perut saat menstruasi

Nyeri perut saat menstruasi terjadi karena kontraksi di dalam rahim atau kandungan. Kontraksi otot rahim ini dipicu oleh hormon prostaglandin, yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai.

Jika selama siklus menstruasi terjadi kontraksi yang terlalu kuat, hal tersebut bisa menekan pembuluh darah di dekatnya, sehingga dapat memotong suplai oksigen ke dalam rahim. Akibatnya, rendahnya level oksigen dalam rahim bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan kram.

Namun, tak semua penyebab nyeri perut saat menstruasi diakibatkan oleh proses normal saat haid. Ada kalanya, ada penyebab lain yang mendasari rasa sakit yang Anda rasakan di perut selama haid. Berikut ini beberapa penyebab nyeri perut saat haid yang sering terjadi:

  • Sindrom pramenstruasi (PMS). Sindrom ini normal terjadi satu sampai dua minggu sebelum menstruasi dimulai dan biasanya hilang setelah menstruasi terjadi.
  • Kondisi medis yang terjadi karena sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di bagian tubuh yang lain, biasanya di tuba falopi, ovarium, atau jaringan yang melapisi panggul, sehingga menimbulkan rasa sakit.
  • Fibroid rahim. Merupakan tumor non-kanker yang dapat memberi tekanan pada rahim atau menyebabkan nyeri haid yang tidak normal.
  • Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai di rahim dan bisa menyebar ke organ reproduksi lainnya. Infeksi ini akan menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan radang pada organ reproduksi.
  • Merupakan kondisi langka di mana lapisan rahim tumbuh ke dinding otot rahim dan bisa terasa sakit karena menyebabkan pembengkakan dan tekanan.
  • Penyempitan serviks. Merupakan kondisi langka di mana serviks sangat kecil sehingga memperlambat aliran menstruasi, menyebabkan peningkatan tekanan di dalam rahim sehingga menyebabkan rasa sakit.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi nyeri perut saat haid?

Untuk mengurangi nyeri haid, Anda perlu istirahat yang cukup, hindari kafein dan alkohol, hindari makanan yang banyak mengandung garam, olahraga teratur, atau memijat bagian bawah punggung dan perut. Anda juga dapat mengompres punggung bagian bawah atau perut Anda dengan handuk yang dicelupkan ke air hangat atau dengan botol yang berisi air hangat.

Atau, Anda dapat minum obat pereda nyeri seperti Bio Litamax untuk menghilangkan nyeri yang dialami. Anda dapat meminumnya segera setelah menstruasi atau saat nyeri perut mulai terasa. Namun, jika hal-hal tersebut tidak juga membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit saat menstruasi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Artikel lainnya

Keputihan? Atasi dengan cara ini

Resep leluhur agar cepat hamil

Proses pembuahan sel telur dalam rahim

Berhubungan intim saat haid? ini akibatnya

Penyebab miss V bau dan cara mengatasinya

10 penyebab ketidaksuburan kandungan

Inilah daftar makanan yang dapat menyuburkan kandungan bunda

Berhubungan intim saat hamil apakah aman? yuk simak penjelasannya

Hal yang harus dilakukan saat hamil

Cara menghitung masa subur dengan benar

Berhubungan setelah haid apakah dapat hamil?

Tips dan langkah-langkah merencanakan kehamilan

Anggapan tentang posisi bercinta agar cepat hamil, benarkah demikian

Manfaat bawang putih untuk ibu menyusui

keluar flek, apakah aman?

Memasukkan jari ke miss v apakah aman

Daftar Makanan penyebab keguguran

Bagikan

Customer Service

Telepon/SMS : 089638966769

BBM : DCAD8057

Whatsapp : 089638966769

Email :  admin@rumahherbalis.com

Untuk RESPON CEPAT, pastikan anda menghubungi kami pada hari dan jam kerja. Senin – Sabtu, pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Bukalapak Kami

BUKALAPAK

Tokopedia Kami

TOKOPEDIA

Pesan Via Whatsapp dan SMS

Bagi konsumen yang ingin melakukan order namun belum memiliki akun Marketplace sesuai Marketplace kami. Konsumen bisa melakukan pemesanan secara langsung dengan klik salah satu tombol di bawah ini sesuai fasilitas yang digunakan oleh konsumen :